Thursday, February 21, 2013

Pentingnya Motivasi


Sebelum kita membahas lebih jauh tentang pentingnya motivasi, kita harus tahu terlebih dahulu apa itu motivasi. Berikut adalah pengertian motivasi menurut beberapa ahli :

1. Motivasi adalah suatu perubahan energi dalam diri (pribadi) seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan. (Mr. Donald : 1950).
2. Motivasi adalah suatu proses untuk menggiatkan motif-motif menjadi perbuatan / tingkah laku untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan / keadaan dan kesiapan dalam diri individu yang mendorong tingkah lakunya untuk berbuat sesuatu dalam mencapai tujuan. (Drs. Moh. Uzer Usman : 2000)
3. Motivasi adalah kekuatan tersembunyi di dalam diri kita yang mendorong kita untuk berkelakuan dan bertindak dengan cara yang khas (Davies, Ivor K : 1986)
4. Motivasi adalah usaha – usaha untuk menyediakan kondisi – kondisi sehingga anak itu mau melakukan sesuatu (Prof. Drs. Nasution : 1995) 
5. Robbins dan Judge (2007) mendefinisikan motivasi sebagai proses yang menjelaskan intensitas, arah dan ketekunan usaha untuk mencapai suatu tujuan.

Dari beberapa pengertian di atas dapat kita simpulkan bahwa ,"Motivasi adalah suatu dorongan psikologis untuk mencapai suatu tujuan". Daya dorong yang tinggi akan melahirkan sikap cepat dan terlatih dalam menentukan keputusan baik untuk diri pribadi maupun orang lain.

Seberapa kuat motivasi yang dimiliki individu akan banyak menentukan terhadap kualitas perilaku yang ditampilkannya, baik dalam konteks belajar, bekerja maupun dalam kehidupan lainnya. Motivasi yang dimiliki setiap individu berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Hal ini di pengaruhi oleh faktor-faktor tertentu. Adapun faktor-faktor tersebut antara lain :

1. Faktor Internal
Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri sendiri. Seperti keinginan, harapan dan penilaian seseorang terhadap dirinya sendiri. Ini adalah salah satu faktor penting karena apabila tidak ada keinginan dari dalam diri sendiri maka akan sulit untuk termotivasi.

2. Faktor Eksternal
Faktor eksternal adalah faktor dari luar seperti pengaruh lingkungan, keluarga, dan orang-orang sekitar yang dapat mempengaruhi besarnya motivasi seseorang. 

Sebagai contoh, kita melihat orang lain yang sudah berhasil, maka akan timbul pula keinginan kita untuk terus berusaha agar kita dapat meraih apa yang kita inginkan dan berhasil seperti orang tersebut. Contoh lain misalnya, jika kita menginginkan sesuatu, seperti keinginan untuk berhenti merokok, kita hanya memiliki sedikit motivasi atau bahkan tidak ada sama sekali maka kemungkinan besar hal itu sulit untuk diwujudkan. 

Maka dari itu motivasi merupakan salah satu hal penting untuk membangkitkan rasa keinginan untuk mewujudkan apa yang kita inginkan. Motivasi juga sebagai pendorong untuk seseorang mau berusaha lebih giat untuk mencapai hasil yang akan diraihnya. 

Sangat diharapkan dengan adanya motivasi yang besar kita dapat menjadi orang yang sukses, pantang menyerah, terus berusaha dan  selalu bahagia. Semoga Anda dapat menjadi motivasi bagi orang-orang sekitar Anda.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment